Kamis, 27 Oktober 2011

Perkembangan Teknologi Masa Kini

Teknologi merupakan suatu sarana yang digunakan intuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Beberapa teknologi dewasa ini merupakan penerapan teknologi sains dalam kehidupan sehari-hari.contohnya sepeti pada awal mula di ciptakan pesawat telephone terdiri dari dua bagian yang terpisah yaitu bagian untuk mendengar dan untuk berbicara. Pada zaman sekarang telah berkembang menjadi
HANDPHONE untuk alat komunikasi
Teknologi sains lahir dari hasil suatu pemikiran manusia kehidupan manusia yang tidak bisa lepas dari teknologi sains.tahukah kamu bagaimana kita dapat menikmati hasil perkembangan teknologi Masa kini.kita dapat mencari informasi melalui internet ataupun juga mendeteksi keretakan tulang manusia tanpa melakukan pembedahan.coba bayangkan seandainya kita hidup pada zaman dahulu ketika teknologi sains belum sangat maju seperti zaman sekarang.
Hubungan teknologi sains dan masyarakat sangat erat sekali.Untuk itu hasil penelitihan teknologi sains harus disebarluaskanKepada masyarakat. Dengan cara seperti ini , di harapkan suatu hasil penelitian dapat cepat diketahui sekaligus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya pada :
Bidang lingkungan :
Pemisahan limbah dari
logam menggunakan elektromagneti
Bidang kesehatan :
Pemotretan bagian dlm tubuh manusia menggunakan Sinar X

Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi
Kata Teknologi berasal dari asal kata latin Texere yang berarti to weave (menenun) atau to construct (membangun) (Rogers, 1986)
Kata Teknologi tidak hanya terbatas kepada pengguna mesin-mesin, meskipun dalam pengertian sempit sering digunakan keterkaitan teknologi dan mesin dalam bahasa sehari-hari.
Technology is a design for instrumental action that reduces the uncertainly in the course-effect relationships invalved in achieving a desired outcome.
Sebuah teknologi biasanya terdiri dari aspek Hardware (perangkat keras) dan Software(Perangkat Lunak).
Salah satu jenis teknologi adalah Teknologi Komunikasi

Teknologi Komunkasi dan Bahasa

n Teknologi Komunikasi adalah peralatan perangkat keras; struktur-struktur organisasional dan nilai-nilai sosial yang dikoleksi, diproses dan menjadi pertukaran informasi individu-individu dengan individu-individu lainnya.

n Teknologi Komunikasi diawali sejarah manusia seperti ditemukannya bahasa lisan dan bahasa tulisan dalam bentuk photographs yang ditulis pada dinding gua-gua ;

n Teknologi Media (secara potensial dapat mencapai khalayak massa) berasal dari Cloy Robberts (Tulisan pada lembaran-lembaran tanah liat) dalam peradaban awal seperti bangsa Sumeria di daerah Sungai Eirpat dan Sungai Tigris serta Bangsa Mesir.

Kompetensi

n Kompetensi insan komunikasi dalam Teknologi Komunikasi :

1. Users (Pengguna) teknologi komunikasi

2. Content of Technology pada teknologi komunikasi

3. Riset dampak sosial teknologi komunikasi

n Sebagai users, maka insan komunikasi sebagai ilmuwan sosial harus berbasis teknologu komunikasi.

n Content of Technology, misalnya teknologi komunikasi berbentuk televisi atau media online, maka yang mengisinya adalah orang komunikasi, seperti program berita pada televisi atau cyber communication pada media online (internet).

n Kemampuan meneliti dampak sosial teknologi komunikasi harus dimiliki oleh orang komunikasi seperti meneliti dampak sosial pengguna play station terhadap perilaku belajar anak sekolah dasar.

Menurut Alvin Toffler, tiga gelombang peradaban manusia terdiri dari era pertanian, industri dan era informasi / komunikasi (lihat Rogers 1986 ; Alisyahbana dalam Yulian, dkk (2001) :

1. Gelombang pertama (800 SM-1500 M) adalah gelombang pembaruan dimana manusia menemukan dan menerapkan teknologi pertanian yaitu manusia berubah dari kebiasaan berpindah-pindah yang menetap disatu tempat. Ciri masa ini adalah penggunaan “baterai alamiah” yang dapat menyimpan energi yang dapat diperbaharui dalam otot-otot binatang, hutan, air terjun, angin atau langsung dan matahari, banyak sekali menggunakan kincir air dan kincir angin.

Gelombang Peradaban Manusia

2. Gelombang kedua (1500 M-1970 M) adalah masyarakat industri, sebagai “manusia ekonomis” yang rakus yang baru lahir dari Renaissance (pencerahan di Eropa). Adam Smith dengan bukunya The Wealth of Nations dari Charles Darwin dengan bukunya The Origin of Species mewarnai budaya renaissance.

n Imprialisme dan kolonialisme di gelombang kedua ini merupakan interpretasi yang salah dari Teori Darwin, terutama ideologi Social Darwinism dan Herbert Species ; The Mights is always Rights.

n Gelombang kedua ini berbudaya produk massa, pendidikan massa, komunikasi massa dan media massa.

n Budaya Iptek tumbuh dengan pesat

n Terjadi urbanisasi dan pembangunan kota besar, penggunaan energi yang tidak dapat diperbaharui dan polusi yang menyebabkan kerusakan lingkungan hidup.

3. Gelombang ketiga (1970-2000 M) adalah masyarakat informasi dengan ciri-ciri :

Kelangkaan bahan bakar fosil ; kembali ke energi yang dapat diperbaharui

Proses produksi yang cenderung menjadi produksi massa yang terkonsentrasi

Terjadinya deurbanisasi dan globalisasi karena kemajuan teknologi komunikasi dan informasi.

Peradaban gelombang ketiga merupakan Sintesa dari gelombang pertama (tesa) dan gelombang kedua (antitesa).

Dalam gelombang ketiga ini kadang disebut sebagai Knowledge Age, dengan digunakannya satelit telekomunikasi, kabel optik dalam jaringan internet, masyarakat mampu berkomunikasi online

Era Komunikasi dan Informasi
Masa Puncaknya era komunikasi dan informasi akan segera tercapai 10-20 tahun kedepan.

Open Society (Struktur Masyarakat Terbuka/ umumnya para anggota masyarakat berusaha dan bekerja keras untuk menaikkan statusnya didalam masyarakat. Mereka bersaing dan bekerjasama untuk dapat naik ke lapisan atas berikutnya sesuai dengan sistem kompetisi dan korporasi yang sudah dapat diterima oleh seluruh masyarakat.

Lima Gelombang peradaban baru akan bergantian atau pun kadang-kadang bersamaan mendominasi budaya masyarakat dunia selanjutnya :

Era Industri Rekreasi (Hospitality, Recreation, Entertainment) yang akan mendominasi budaya pada tahun 2015 M.

Era Bioteknologi (Bioteknologi, genetics, Cloning) yang akan mendominasi budaya dunia pada kira-kira tahun 2001 M.

Era mega material (Quantum Physics, Nanotechnology high pressure physics) yang akan mendominasi dunia kira-kira tahun 2200 M dan 2300 M.

Era Atom Baru (fusion, lossers,hydrogen and helium isopes) yang akan mendominasi budidaya duinia kira-kira pada 2100 – 2500 M.

Era Angkasa luar baru (Specsaft, Exploration, Travel, Resource Gathering, Astrophysics) yang akan mendominasi sebelum tahun 3000 M (Alisyahbana, 2001).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar